Kawasan Hutan dan Lahan 3 Kecamatan di Bengkalis Dipantau Lewat Udara

Source: Internet

 

Cuaca panas terik yang terjadi lebih dari sepekan, guna mengantisipasi dan upaya pengendalian sejak dini serta siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Bukitbatu, Siakkecil dan Bandar Laksama, Kabupaten Bengkalis, tiga unsur pemerintahan kecamatan (Upika) dan perusahaan melakukan pemantaun melalui udara, Jum’at (9/2/18) siang.

Fire Marshall PT. SPM, Yudhi Johari mengatakan, tujuan operasi pantauan udara adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi Karhutla, pengecekan embung air Desa Batang Duku yang diberikan oleh PT. SPM kepada pihak desa dan sekaligus memantau aktivitas illegal loging atau pembalakan liar di kawasan Cagar Biosfer.

“Kegiatan ini juga merupakan kerjasama perusahaan dengan pihak pemerintahan dalam antisipasi Karhutla,” kata Yudhi.

Sementara itu, Danramil Bukitbatu Kapt. Isnanu menyebutkan, dari hasil patroli udara yang dilakukan, tidak ditemukan adanya indikasi Karhutla di tiga kecamatan tersebut. Pemantauan akan terus dilakukan secara rutin, baik jalur darat maupun udara.

“Tidak kami temukan indikasi Karhutla, namun harus selalu siaga. Akan terus melakukan pantauan secara rutin,” kata Isnanu.

Kepala Desa Batang Duku, Kecamatan Bukitbatu Sapri Syafi’i berharap, agar hutan di seluruh daerah khususnya daerah di gerbang laksamana tidak mengalami kebakaran. Seluruh elemen masyarakat serta unsur pemerintahan harus salinf bahu-membahu mencegah Karhutla.

“Semoga sepanjang tahun nihil Karhutla, agar hutan senantiasa lestari,” harapnya.

Turut melakukan pemantauan melalui udara Camat Bukitbatu Reza Novendra, Camat Bandar Laksamana, Kapolsek Bukitbatu, Kapolsek Siakkecil, Humas PT. BBAH Bukitbatu, Herman.

 

Source: Riau Terkini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


nine − 7 =